Webmail  |   Lokasi Kampus  

Jurusan Teknik Elektro, KI sebagai Momentum menjalin Kerjasama dengan Industri.

 Admin      Berita      25 Mei 2015

 

Bengkalis (Polbeng)- KI merupakan salah satu cara untuk menambah ilmu dan pengalaman yang dibutuhkan sebagai bekal untuk menapaki dunia kerja yang mungkin belum sepenuhnya dirasakan dalam teori perkuliahan sehari-hari. Dengan KI mahasiswa dapat membandingkan ilmu yang sudah dipelajari dengan praktek dunia kerja yang sesungguhnya.

Dalam kegiatan KI yang dilaksanakan Prodi D4 Teknik Listrik dari jurusan Teknik Eloktro pada 18 hingga 23 Januari 2015 kemarin, Prodi D4 Teknik Listrik mengunjungi 2 tempat yakni Politeknik Negeri Medan dan PT. PLN (Persero) Sumatera Utara Belawan Medan. Kegiatan tersebut diikuti 28 mahasiswa dengan didampingi 2 orang dosen sebagai PIC yakni Wan Muhammad Faisal, ST.,MT, Stephan, ST.,MT dan juga tenaga laboran juga turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Diadakannya kunjungan tersebut sebagai sarana menambah wawasan dosen maupun mahasiwa dibidang kelistrikan. “Di Politeknik Negeri Medan kami juga mengadakan studi banding yang bertujuan untuk melihat bagaimana sistem belajar mengajar, penataan laboratorium dan bengkel”. Jelas Wan Muhammad Faisal, ST.,MT Kajur Teknik Elektro Polbeng saat ditemui diruang kerjanya (26/01).

PT. PLN (Persero) merupakan pembangkit listrik terbesar yang berada diluar Pulau Jawa dengan kapasitas 800 MW yang terdiri dari PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap, PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) dan PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap). Dalam kujungan tersebut rombongan mahasiswa dan dosen mendapat sabutan yang hangat dari pihak PT. PLN selain kunjungan ke PT. PLN Pihak Polbeng memanfaatkan kegiatan tersebut menjadi salah satu momentum yang tepat untuk menjalin kerjasama dengan pihak PT. PLN (Persero) Sumatera Utara Belawan Medan. Dengan adanya kerjasama tersebut diharapakan PT.PLN (Persero) Sumatera Utara Belawan Medan dapat menerima mahasiswa Polbeng yang ingin melaksanakan magang atau PKL di tempat tersebut.

Selain mengunjungi perusahaan Prodi D4 Teknik Listrik juga melakukan tour wisata kebeberapa tempat yakni mengunjungi Istana Maimun, Masjid Raya Medan, Danau Toba Perapat dan Kebun Daya Siantar.

Pada 30 Januari hingga 3 Februari mendatang, jurusan Teknik elektro kembalikan melaksanakan KI akan tetapi, agak sedikit berbeda dengan KI yang dilaksanakan oleh prodi D4 listrik yang sebelumnya. Kali ini akan diikuti mahasiswa D3 Teknik Elektronika, 45 Mahasiswa akan ambil bagian dalam kegiatan ini dan 4 dosen yakni Zainal Abidin, ST.,MT, Muharnis, ST.,MT, Jepri Lianda, M.T, Saipul Amri, M.T akan menjadi dosen pembimbing dalam KI yang rencananya akan digelar di Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ini. Rencananya rombongan akan mengunjungi beberapa tempat diantaranya Universitas Bung Hatta dan Perusahaan industri yang berada di Sumbar.

Khairudinsyah, ST., MT selaku koordinator KI prodi D3 Teknik eloktro mengungkapkan bahwa “Dalam Kunjungan Industri ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui sistem kontrol untuk kelistrikan yang berada diindustri selain itu juga sebagai persiapan observasi sebelum melakukan magang/PKL disemester depan”.

Dengan adanya kegiatan KI ini diiharapkan mahasiswa sudah memiliki gambaran atau pandangan bagaimana dunia kerja itu sesungguhnya dalam KI ini juga sebagai sarana menjalin kerjasama dengan Perusahaan apabila ada mahasiswa yang ingin magang/ PKL di tempat tersebut" tambahnya


Berita Terbaru

Polbeng Kembali Harumkan Riau Juara II Nasional pada KRI 2016 pada kategori ERSB

06 Juni 2016 - Politeknik Negeri Bengkalis sebagai satu-satunya Politeknik Negeri Di Provinsi Riau kembali mengangkat marwah masyarakat Riau dibidang teknologi pada Kontes Robot Nasional yang diselenggarakan di Surabaya dengan tuan.......
Baca Selengkapnya

  

KRI Regional 1 2015, Pengalaman di Bumi Sriwijaya

  

Jurusan Teknik Elektro, KI sebagai Momentum menjalin Kerjasama dengan Industri.

Berita Lainnya