Blog Image

Melalui Program Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis tim Dosen Politeknik Negeri Bengkalis, yang terdiri dari dua orang dosen yaitu Abdul Hadi, ST., MT dari Program Studi Teknik Elektronikadan Abdul Gafur, S.SI., MT dari Program Studi Teknik Mesin yang dibantu oleh dua orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan satu orang mahasiswa Jurusan Teknik Elektro melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada UMKM Kerupuk Sagu Bukit Batu di Desa Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu. Minggu (28/08/2022)

Adapun kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan membantu UMKM Kerupuk Sagu Bukit Batu untuk meningkatkan Produktifitas dan kuantitas produksi Kerupuk sagu.

Alat peracik kerupuk sagu ini dibuat di Laboratorium Teknik Mesin Polbeng, dan sebelum diserah terimakan secara resmi, sudah dilakukan uji coba terlebih dahulu.

“Sebelumnye kami meracik kerupuk sagu ini denganpisau, biasenye kalau meracik paling kuat satu orang itu 10 sampai 15 kg sehari, Itupun memang tidak dapat bekerja lain semata itu sajelah yang dikerjekan”, ungkap ibu Murni selaku Ketua UMKM Kerupuk Sagu Bukit Batu dengan logat khas Melayu.

Penuturan dari Abdul Hadi, ST., MT “Kegiatan ini adalah hasil permintaan pihak UMKM Kerupuk Sagu Bukit Batu terkait dengan kendala produksi saat permintaan kerupuk sagu sedang tinggi. Oleh karena itu, pihak Pusat Penelitan dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis menugaska saya dan Pak Abdul Gafur ST., MT untuk membuatkan alat peracik kerupuk sagu ini. Semoga alatnyabermanfaat dan dapat meningkatkan produktifitas sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya UMKM Kerupuk Sagu Bukit Batu" terang Hadi.

“Kegiatan Pengabdian ini rutin dilakukan oleh Dosen Polbeng, semoga semakin banyak masyarakat yang bisa terbantu dari kegiatan pengabdian ini” tutup Abdul Hadi


sumber: bengkalisinfo.com